Minggu, 13 Mei 2012


Apa yang dapat kita lakukan untuk mendukung gerakan go green ?
Beberapa hal yang dapat kita lakukan di perusahaan sebagai bentuk implementasi nyata mendukung gerakan go green adalah:
ü   Kurangi pengunaan kantung plastik
ü   Matikan mesin (sesuai standard maintenance) dan lampu penerangan pada jam istirahat siang.
ü   Gunakan air seperlunya, tutup keran air setelah digunakan dan laporkan kebagian terkait apabila terjadi kerusakan pada instalasi.
ü   Pisahkan sampah organik dan an organik kemudian buanglah sampah ketempat yang telah disediakan.
ü   Usulakan kepada perusahaan melalui “Sugestion System” (SS) agar alat kerja/alat Bantu kerja menggunakan material yang sudah tidak terpakai sehingga dapat mengurangi jumlah limbah.
ü   kurangi pengggunaan kendaraan pibadi yang menggunakan bahan bakar dan gunakan fasilitas armada angkutan yang telah disediakan oleh perusahaan.
ü   dll

bukan hannya dilingkungan perusahaan saja tapi di lingkungan tempat tinggalpun kita bisa mengimplementasikan go green contoh:
ü   Kurangi pengunaan kantung plastik Karena penggunaan kantung plastik yang berlebihan akan menambah jumlah limbah rumah tangga yang kita buang.
ü   Gunakan air seperlunya tutup kran air setelah digunakan dan segera perbaiki instalasi air apa bila terjadi kerusakan.
ü   Gunakan listrik seperlunya matikan peralatan elektronik setelah digunakan, karena selain menghemat beban listrik dari perusahaan listrik negara (PLN) juga sebai langkah menghemat pengeluaran rumah tangga.
ü   Kurangi penggunaan kendaraan pribadi yang menggunakan bahan bakar, gunakan kendaraan umum atau jika diperlukan kendaraan pribadi gunakanlah kendaraan yang hemat bahan bakar karena selain mengurangi jumlah emisi hasil pembakaran dari bahan bakar juga dapat menghemat pengeluaran rumah tangga.
ü   Tanam pohon atau tanaman lain dipekarangan rumah, karena selain lingkungan menjadi hijau, buah atau bunga hasil dari tanaman dapat kita nikmati.
ü   Pisahkan sampah organik dan an organik sebelum dibuang buanglah sampah an organik ketempat pembuangan sampah, untuk sampah organik daur ulang menjadi kompos kemudian gunakan sebagai pupuk pada tanaman sehingga dapat mengurangi jumlah limbah sekaligus dapat mengurangi biaya pembelian pupuk.
Berikut adalah profil salah satu rekan kita yang dapat dijadikan contoh dalam hal manfaat nyata dari implementasi gerakan go green



  
Adalah sebuah keluarga didaerah Tangerang Banten,yang memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami taman anggrek dan tanaman lainnya selain pekarangan menjadi lebih hijau,lebih indah dipandang, hasil dari tanaman angrek ia jual dan dipasarkan kepada rekan- rekan sesama pecinta tanaman. Tentu saja hal itu membawa dampak positif bagi perekonomian keluarga, ada banyak hal yang dapat kita petik dari gerakan go green dan banyak cara untuk mengimplementasikannya semua tergantung pada diri kita kapan kita akan memulainya.
Ayo kita budayakan gerakan go green mulai dari dirikita dan dimulai dari sekarang….. 

0 komentar:

Posting Komentar